Pages

Kamis, 14 Juli 2011

Fakta Unik Seputar Planet Mars dan Permukaannya


Mars, sebuah Planet di tata surya yang belum juga terpecahkan misterinya perihal ada tidaknya kehidupan di sana.
Mars disebut juga sebagai Planet Merah karena tampak kemerah-merahan jika dilihat dari ruang angkasa.
planet mars, planet merah, permukaan mars, tata surya
Menariknya, ada beberapa fakte terkait Si Planet Merah ini:
FAKTA YANG PERTAMA
Mars adalah tempat yang sangat dingin. Karena letak Mars jauh dari matahari, masih ingat kan susunan Planet-planet terhadap matahari?
Seperti ini: Merkurius-Venus-Bumi-Mars-Jupiter-Saturnus-Uranus-Neptunus. Disitu terlihat bahwa letak Mars setelah Bumi kita ini.

Mars juga punya salju lho!. Jadi Kalau mau ke Mars perlu baju penghangat badan!

FAKTA YANG KEDUA
Kalau di Mars,Manusia harus membuat rumah yang tahan radiasi. Kemungkinan, kita bisa membuat rumah di bawah tanah, atau membuat gedung dari batu bata merah yang dibuat di Mars. Tapi ingat batu bata itu juga harus diseterilkan agar tidak mengandung besi. Soalnya, besi jika kena radiasi matahari bisa menyebabkan kanker.
Wah, ini agak repot karena tanah di mars mengandung banyak besi. bukankah tanda-tanda tanah mengandung besi adalah berwarna merah?

FAKTA YANG KE TIGA
Udara Mars berupa Karbondioksida (CO2).
Apa itu CO2?
CO2 adalah serangkaian hasil pembakaran yang dihasilkan manusia lewat proses Pernafasan. Lho, bukannya di Mars tidak ada manusia?
Lantas darimana datangnya CO2 ini?
Hmm, proses pembentukan CO2 itu bermacam-macam kawan, nggak cuma dari pernafasan manusia saja.. Ingat pelajaran Kimia pas di sekolah dulu, disana ada yang membahas tentang Reaksi kimia yang cukup njlimet gitu. Lewat reaksi itulah rupanya CO2 dihasilkan. Saya tidak akan membahasa disini, karena terlalu panjang pembahasannya... He.. 3x :D

Gas ini membuat manusia akan terasa tercekik tenggorokannya, lalu mati. Karena itu kita perlu alat pembuat Oksigen. Oksigen itu bisa dihasilkan dari batu-batu di Mars.
Caranya?
Tengok poin sebelum ini, ok!

FAKTA YANG KE EMPAT
Letak Mars sangat jauh dari Bumi.Pesawat antariksa butuh waktu 7 bulan untuk sampai ke mars. Padahal pesawat itu sudah super cepat loh,Nah, pesawat itu harus ringan supaya hemat bahan bakar. Pesawat itu tidak boleh terbuat dari logam agar tahan radiasi. tapi tenang… ilmuwan kita telah menemukan zat hebat untuk membuat pesawat antariksa. Namanya partikel.

FAKTA YANG KE LIMA
Manusia perlu air untuk hidup. Tapi di Mars tidak punya air. Tapi jangan kuatir.. air bisa diperoleh dari salju yang dicairkan bukan?
Salju darimana?
Lho, kan tadi sudah disinggung kalau di Mars banyak Saljunya.. :D

FAKTA YANG KE ENAM
Atmosfir Mars sangat tipis. Akibatnya cahaya berbahaya bebas masuk ke Mars. Cahaya berbahaya itu disebut radiasi, manusia akan sakit Kanker. Jadi kalau mau ke Mars jangan lupa bawa baju pelindung radiasi!

0 komentar:

Posting Komentar